Kesuksesan seseorang tidak akan datang apabila kita hanya berpangku tangan saja, dibutuhkan kerja keras, waktu, tena...
Kesuksesan seseorang tidak akan datang apabila kita hanya berpangku tangan saja, dibutuhkan kerja keras, waktu, tenaga, dan pikiran. Dan dalam berusaha ada kalanya seperti roda berputar, kadang di atas, kadang juga dibawah. Berikut Tim Lantai Tulisan merangkum pengusaha sukses asal Negeri Sakura yang mampu membina dari usaha kecil menjadi usaha yang besar seperti sekarang.
Yusaku Maezawa adalah pemilik perusahaan portal perbelanjaan fashion yang paling terpopuler di Jepang dengan nama brand yaitu Zozotown, yang menjual berbagai produk-produk street fashion di websitenya dapat meraup keuntungan hingga 290 Juta Dollar pada tahun 2004 dan membuat dirinya termasuk dalam jajaran salah satu miliarder se-Asia.
Pada awalnya sebelum ia menjadi sukses seperti sekarang, ia menyukai bidang musik dan tidak pernah berfikiran menjadi seorang pebisnis. Ia juga pernah nekad meninggalkan sekolah dan pergi ke California untuk mengejar mimpi demi menjadi pemusik disana dan sempat membuat band beraliran punk rock. Namun saat kembali ke negri asal, bandnya tidak secemerlang di California.
Namun ia tidak menyerah begitu saja, ia pun mulai menjual berbagai merchandise band seperti album, kaset, kaos, buku, stiker, poster, dan lain-lainya. Dan biasanya ia membuka lapak atau tempat berjualan di dekat konser atau event-event musik. Meskipun ia tak berhasil di bidang musik, ia bersemangat saat berjualan merchandise dari band-band yang ia sukai dan ia lakukan sepenuh hati untuk orang lain .
Akhirnya, Maezawa berhasil membuat bisnis pertamanya yang bernama Star Today. Pada saat itu letak kantornya masih berada di rumahnya sendiri, meskipun bisa dibilang usahanya masih kecil-kecilan pada saat itu, Start Today laris melayani pesanan merchandise dari berbagai penggemar musik. Dan pada di tahun 1955 yaitu mulai muncul perkembangan adanya internet, Maezawa mulai belajar koding. Dan di tahun 1998, ia bisa mempekerjakan 10 temannya untuk bergabung, dan resmi mulai berjualan online di tahun 2000-an.
Pada awalnya ia tidak berpikiran untuk berbisnis tentang fashion, namun ide itu muncul disaat ia sedang mengamati para pegawainya yang selalu berangkat kerja dengan penampilan dan dandanan yang keren. Akhirnya ia melakukan riset seperti fashion apakah yang sedang nge-trend, dimana tempat atau menjual pakaian-pakaian/aksesoris tersebut di jual. Dan ia memanfaatkan peluang tersebut untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi. Akhirnya ia merilis toko Online yang fokus menjual produk fashion. Di toko tersebut menjual berbagai brand/merek terkenal di Jepang misalnya United Arrows dan Beams, namun juga menjual brand dari produsen-produsen kecil seperti A Bathing Ape, dan Zozotown menjadi pendongkrak usaha bagi produsen kecil yang belum begitu terkenal di Jepang. Di toko tersebut, kalian bisa memilih fashion yang kalian suka, untuk masalah ukuran, warna, model tertera jelas. Kalian bisa menanyakan dengan admin yang siap melayani 24 jam atau bisa memeriksa kolom komentar apa saja yang ter-update secara real time.
Zozotown merupakan sarana alternatif bagi para konsumen yang jauh dari perkotaan atau tempat yang menjual produk-produk fashion, dan juga ingin tampil modis dengan pakaian terbaru namun tak sempat memiliki waktu untuk pergi ke toko fashion.
Berkat strategi bisnisnya, Maezawa berhasil menjaring lebih dari 4 juta pelanggan sejak di tahun 2004 sedang booming toko Online di Jepang. Setiap tahun, saham Zozo berkembang pesat mencapai 50%. Di Bursa Efek Tokyo, Maezawa memiliki saham lebih dari 53% Zozo.
Dari situlah ada beberapa hal yang dapat kita jadikan pelajaran yaitu :
- Tidak ada salahnya untuk menekuni hobi, apabila kamu berhasil kamu bisa bekerja dengan cinta, kalau tidak masih ada pintu menuju kesuksesan asalkan kamu kerjakan dengan senang hati
- Selama umur masih muda, ambil kesempatan dan tantangan untuk terus melakukan perubahan di masa depan
- Disaat menjalakan bisnis boleh seragam atau sama dengan pesaing lainnya, namun bisnis yang kamu jalani harus ada ciri khas bahwa itu bisnis kamu.
- Sukses itu tidak akan datang jika kamu tidak mau berusaha, harus ada perjuangan dan pengorbanan yang harus kamu lakukan.
- Disaat kamu sudah sukses, tidak ada kata berhenti untuk melanjutkan bisnis dan harus mengembangkan inovasi-inovasi yang lebih cemerlang
Nah sekian info dari saya
Terima Kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca
Sampai Jumpa
Sumber : Hipwee, Forbes
Sumber : Hipwee, Forbes




COMMENTS